Universitas Nahdatul Ulama NTB Dorong Sertifikasi Halal UMKM Desa Wisata

Desa Wisata Bilebante, Lombok Tengah (foto: Facebook Desa Wisata Bilebante / MetroNTB.com)

MTN, Lombok Tengah – Program PKM UNU NTB dorong sertifikasi halal UMKM Desa Wisata Hijau melalui digitalisasi dan registrasi Sihalal. Seperti apa?

Dilansir dari metrontb, Universitas Nahdatul Ulama atau UNU NTB aktif menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Salah satunya melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Bilebante, Kecamatan Pringgarata, Kabupaten Lombok Tengah, NTB.

Tahun 2024 ini, Tim UNU NTB melaksanakan PKM dengan skema Program Pemberdayaan Berbasis Masyarakat DRPM Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Ditjen Diktistek).

Pendampingan ke PKM tersebut berupa pengisian Sistem Jaminan Produk Halal (SJPH) melalui digitalisasi dan registrasi Sihalal bagi UMKM desa wisata hijau Bilebante Lombok Tengah yang di berikan kepada Kelompok UMKM Putri Rinjani merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk mewujudkan Desa Bilebante sebagai pusat produk halal dengan akselerasi sertifikat halal di NTB.

Dijelaskan, Kewajiban sertifikasi halal bagi pelaku usaha sudah diatur dalam Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal yang menyatakan bahwa produk yang masuk beredar, dan diperdagangkan di Indonesia Wajib bersertifikat halal.

Permasalahan mitra selama ini adalah belum memiliki legalitas usaha yaitu NIB dan sertifikat halal, kurangnya pengetahuan dan pemahaman terkait proses pengajuan sertifikat halal dan minimnya pengembangan produk di bagian packaging dan branding. Pendampingan yang dilaksanakan oleh Tim PKM UNU NTB ini merupakan bagian dari pengabdian masyarakat yang dilakukan.

“Pengabdian ini tidak hanya hari ini, sebenarnya sudah berlangsung selama 6 bulan, bahwa kita ingin benar-benar mendampingi Desa Bilebante untuk pengembangan UMKM,” ujar Rektor UNU NTB, Dr. Baiq Mulianah, M.Pd.I yang juga merupakan anggota tim dalam pengabdian tersebut (Minggu, 22 September 2024).

Kelompok UMKM di desa Bilebante tersebut tidak hanya memperoleh pendampingan proses legalitas produk usaha berupa NIB, namun juga sekaligus mendapatkan fasilitasi sertifikat halal. Tim PKM sebelumnya telah membentuk tim pendamping PPH yang bertugas Memverifikasi dan memvalidasi pernyataan kehalalan pelaku usaha sekaligus Memastikan alat proses produk halal terjaga kebersihan dan higienitasnya.

Selain itu, PKM yang dilaksanakan UNU NTB memberikan dampak besar dalam digital marketing karena telah mengembangkan Website UMKM. Website UMKM itu merupakan salah satu website di NTB yang fokus pada produk pelaku usaha yang di kelola secara mandiri oleh UMKM yang ada di Desa Bilebante.

“Bonusnya adalah Website UMKM, dimana nanti mereka bisa memasukkan produk-produk UMKM yang di desa Bilebante untuk menjual produk-produknya,” tutur Baiq Mulianah.

Di Website UMKM, Masyarakat Bilebante tidak hanya memasarkan produk makanan dan minuman, tetapi juga produk-produk usaha masyarakat dalam bentuk jasa misalnya penginapan dan juga paket-paket wisata yang lain.

“Jadi konsepnya kita ingin tumbuh bersama-sama menjadi bagian kemajuan masyarakat,” pungkas Baiq.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *