Sempat Ditutup karena Pandemi, Masjid Al Aqsa kini Kembali Dibuka

Masjid Al Aqsa (foto: middleeasteye.net)

MTN, Jakarta – Sempat ditutup sejak awal pandemi Corona, kini Masjid Al Aqsa kembali dibuka. Seperti apa?

Dilansir dari Detik, Masjid Al Aqsa pada pekan lalu kembali dibuka untuk ibadah umat Islam di seluruh dunia.

Menurut Penasihat Senior Presiden AS Donald Trump, Jared Kushner, hal tersebut diharapkan bisa mengurangi ketegangan antara Israel dengan dunia Islam.

“Orang Israel sangat gembira mereka bisa mendapatkan penerbangan yang lebih murah sekarang dengan terbang melalui Dubai, dan saya tahu, banyak Muslim yang senang bahwa mereka sekarang dapat terbang melalui Dubai ke Tel Aviv untuk pergi dan mengunjungi Masjid Al Aqsa,” ujar Kushner.

Lebih lanjut, Kushner mengatakan kalau umat Muslim boleh datang ke masjid Al Aqsa secara bebas dan salat di dalam masjid dengan damai. Sebab, hal tersebut termasuk dalam perjanjian UEA dengan Israel.

“Jelas, ini adalah terobosan bersejarah, ini perjanjian perdamaian pertama di kawasan ini selama 26 tahun dan yang ketiga dalam 70 tahun terakhir dengan Israel. Jadi menurut saya, hal ini tentu memberi rasa optimisme besar kepada orang-orang, bahwa Timur Tengah tidak harus terjebak dalam konflik masa lalu,” sambungnya.

Selain itu, Kushner mengatakan bahwa Presiden Donald Trump memiliki visi untuk mencapai solusi bagi dua negara konflik Israel-Palestina. Usul tersebut pun telah diusulkan pada Januari lalu.

“Dia (Donald Trump) membuat Israel setuju untuk bernegosiasi berdasarkan visi Presiden, menyetujui peta, dan setuju agar Palestina menjadi sebuah negara. Ini adalah terobosan besar,” ungkap dia.

Sementara itu, Israel menjelaskan bahwa penjagaan Masjid Al Aqsa akan terus dilakukan oleh Raja Yordania Abdullah II.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *