Pemerintah Dorong agar Masjid Bersejarah jadi Destinasi Wisata Baru

Masjid Hidayatullah di pulau Saonek, kabupaten Raja Ampat (foto oleh: Chuipala)

MTN, Jakarta – Pemerintah mendorong masjid-masjid bersejarah di Indonesia agar bisa dijadikan sebagai destinasi wisata baru. Seperti apa?

Dilansir dari Antara, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan seiring dengan perkembangan dan potensinya, wajar bagi masjid-masjid bersejarah lokal untuk dijadikan sebagai daya tarik wisata.

“Sejarah mencatat hadirnya kota-kota yang ada di Indonesia menjadikan masjid sebagai komponen pembentuk peradaban, ditandai adanya masjid-masjid bersejarah di Indonesia, salah satunya Masjid Saka Tunggal di Banyumas,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno, di Webinar ‘Masjid Sebagai Basis Pemberdayaan Ekonomi Umat’ yang diselenggarakan oleh MAJTTV di Semarang, Jawa Tengah, pada Rabu (17/2).

“Program yang dapat dikembangkan adalah wisata sejarah, wisata religi. Saya ingin mendukung wisata religi sebagai bagian dari ‘heritage tourism’, seperti Masjid Agung Demak, Masjid Agung Banten yang merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia,” tambahnya.

Oleh karena itu, Sandi meminta seluruh pihak untuk ikut berinovasi, beradaptasi, dan berkolaborasi untuk menjadikan masjid sebagai daya tarik wisata ekonomi kreatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *