Menengok Pusat Kuliner Nusantara Halal di Papua

Al Akbar Food Festival di Sorong, Papua (foto: papuabaratpos.com)

MTN, Sorong – Kini telah hadir pusat kuliner nusantara halal yang berlokasi di Papua, yang bernama Al Akbar Food Festival (AFF). Seperti apa?

Dilansir dari sorongnews.com, Al Akbar Food Festival (AFF) resmi dikenalkan ke publik oleh Penjabat Gubernur Papua Barat Daya, yang diwakili oleh Kepala Bapeda Provinsi Papua Barat Daya, Rahman, di areal Masjid Al Akbar Kota Sorong, Sabtu (28/1).

Dalam sambutannya, Rahman mengatakan bahwa salah satu program prioritas Pj Gubernur Papua Barat Daya adalah PBD Produktif. Keberadaan AFF menjadi salah satu upaya pengembangan UMKM yang produktif dalam pemulihan ekonomi pasca dihantam badai COVID-19 selama dua tahun.

“Apalagi saat ini memasuki resesi ekonomi dan inflasi. Oleh karenanya keberadaan AFF ini bisa menjadi salah satu upaya menekan laju inflasi, karena kebutuhan akan makan dan minum di daerah ini juga cukup tinggi. Kami optimis, dengan dukungan pengusaha UMKM serta masyarakat akan berdampak baik bagi perekonomian keluarga, Masjid dan daerah,” ujar Rahman.

Ia menambahkan bahwa legalitas AFF telah memenuhi persyaratan dan dalam waktu dekat akan mendukung dalam sertifikasi kesehatan, kelayakan dan kebersihan oleh instansi teknis dan menggandeng MUI untuk kehalalannya.

Rahman berharap sentra pertumbuhan wisata kuliner di wilayah Papua Barat Daya bisa terus berkembang.

Sementara itu, Manager operasional AFF, Toto, mengatakan bahwa tujuan keberadaan AFF ini adalah untuk menumbuhkan sosial enterpreuner sekaligus memadukan sosial digital dalam mendukung kesejahteraan umat, mendongkrak perekonomian dan tentunya berdampak pada kemaslahatan masjid.

Adapun jumlah lapak yang saat ini berada di AFF 1 berjumlah 12 stand yang sudah penuh diisi pelaku usaha dan telah berdagang selama sebulan dan di AFF 2 yang sedang dibangun ada sekitar 13 stand.

“Setelah soft launching sebulan lalu, rata-rata omset sekitar 1 juta rupiah per hari. Di mana selain ada keuntungan bagi pengusaha, 2,5 persen total omset bulanan disumbangkan untuk pembangunan masjid Al Akbar yang masih berjalan,” ujar Toto.

Dengan biaya sewa stand yang tidak memberatkan, antusias pengusaha yang mengisi AFF juga tak sedikit. Dimana 13 stand tambahan pun sudah full booked. Kedepannya, Toto mengatakan bahwa AFF ini akan menjadi salah satu tempat wisata kuliner nusantara yang Halal dan Toyib bagi siapa saja yang menghabiskan waktunya disana.

Terlihat sejumlah warga mulai menjadikan AFF sebagai salah satu tujuan wisata kuliner, karena berbagai menu nusantara dari Aceh hingga Papua tersaji di sana dengan harga merakyat.

Kota Sorong adalah ibukota provinsi Papua Barat Daya, Indonesia. Sorong adalah kota terbesar kedua di Papua, setelah Kota Jayapura.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *