Peluang di Wisata Halal harus Dikelola dengan Tepat

Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat (foto: Radar Kudus)

MTN, Jakarta – Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat, mengatakan bahwa semua peluang di sektor pariwisata halal harus dikelola dengan baik. Seperti apa?

“Segala peluang di sektor pariwisata harus dikelola dengan baik melalui perencanaan dan langkah-langkah strategis yang tepat, termasuk dalam sektor wisata halal yang semakin populer,” ungkap Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, dalam pernyataannya pada Senin (29/7).

Dilansir dari Media Indonesia, menurut laporan Global Muslim Travel Index 2023, diperkirakan akan ada tambahan 2,3 juta wisatawan Muslim hingga tahun 2030.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menargetkan 17 juta kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) tahun ini. Hingga 2023, tercatat 11,68 juta kunjungan Wisman.

Lestari, yang akrab disapa Rerie, menyatakan bahwa target kedatangan wisatawan yang cukup ambisius dibandingkan tahun lalu harus direspons dengan langkah-langkah produktif untuk mencapainya.

Wisata halal yang semakin diminati oleh wisatawan mancanegara, menurut Rerie, merupakan peluang yang harus segera diambil.

Dengan Indonesia sebagai salah satu negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, daya tarik wisata halal semakin kuat, tambah Rerie, yang juga merupakan anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah.

Pengenalan budaya, seni, kuliner khas, dan produk kerajinan Nusantara secara konsisten, jelas Rerie, sangat penting agar sektor pariwisata dapat berkontribusi sebagai penggerak ekonomi di berbagai daerah di Indonesia.

Rerie mengajak semua pemangku kepentingan, baik di tingkat pusat maupun daerah, untuk bekerja sama dalam mendukung upaya mewujudkan pariwisata berkelanjutan yang mampu mengikuti perkembangan pasar, termasuk wisata halal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *