Inilah Lima Provinsi Teratas di Indonesia yang Ramah Muslim

ilustrasi (foto: islamic-center.or.id)

MTN, Jakarta – Indonesia memang adalah negara dengan jumlah muslim terbesar di dunia, tapi tahukah anda, provinsi mana saja yang paling ramah muslim?

Dilansir dari RRI, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, menyebut lima provinsi di Indonesia yang paling ramah muslim.

“Lima Top Muslim Friendly Destination Indonesia adalah NTB, Aceh, Sumatra Barat, DKI Jakarta, dan Jawa Tengah. Ini adalah lima destinasi yang ramah muslim tertinggi di Indonesia, kita perlu lebih banyak lagi destinasi untuk penguatan,” kata Sandiaga saat memberikan sambutan dalam acara Simposium Keuangan dan Ekonomi Syariah di Jakarta, Kamis (26/9/2024).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno juga mengatakan, Indonesia memiliki potensi besar dalam mengembangkan ekonomi syariah. Termasuk dalam pengembangan pariwisata dan produk halal.

Sandiaga menyebut, Indonesia telah diakui sebagai salah satu destinasi wisata halal terbaik di dunia. Indonesia bahkan menyandang gelar Top Muslim Friendly Destination dengan lima provinsi tujuan.

Untuk memperkuat destinasi ramah muslim, Menparekraf membeberkan empat target capaian utama yang akan dilakukan pihaknya. Di antaranya, peningkatan skala usaha ekonomi dan perusahaan syariah, peningkatan peringkat Global Islamic Economy Index.

Selanjutnya, peningkatan kemandirian ekonomi, dan indeks kesejahteraan masyarakat Indonesia. “Ini empat target capaian utamanya,” kata dia.

Kemudian, pihaknya juga melakukan strategi ekonomi syariah berupa penguatan rantai nilai halal, penguatan keuangan syariah. Serta penguatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan penguatan ekonomi digital.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *