Menparekraf Salut dengan Wisata Halal di Pasuruan

foto: kominfo.jatimprov.go.id

MTN, Jakarta – Menparekraf acungi jempol pengembangan wisata halal di kabupaten Pasuruan. Seperti apa?

Dilansir dari pasuruankab.go.id, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mengacungi jempol pengembangan wisata halal di Kabupaten Pasuruan.

Apresiasi tersebut disampaikannya pada saat berkunjung ke Kurma Park, wisata edukasi Kurma pertama di Indonesia yang berlokasi di desa Sukorejo, kecamatan Sukorejo, Pasuruan.

Menurut Sandiaga, konsep pengelolaan wisata halal sebagai destinasi wisata yang diaplikasikan selama ini sudah sesuai indikator yang disyaratkan Kemenparekraf. Baik dari segi penyediaan fasilitas tambahan hingga kemudahan akses yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan, pengalaman dan preferensi wisatawan muslim.

Ada tiga layanan tambahan dasar yang dapat dikembangkan:

  • Pertama, need to have yang merupakan keharusan, layanan makanan halal dan fasilitas untuk mendirikan shalat.
  • Kedua, good to have yakni tersedianya toilet yang ramah bagi muslim dan muslimah.
  • Ketiga, nice to have yakni tersedianya fasilitas rekreasi yang ramah dengan keluarga muslim.

“Destinasi wisata alam itu bukan zonasi. Tapi tambahan pelayanan. Jadi Kurma Park ini daya Tarik utamanya. Tapi yang diperlukan adalah pelayanan tambahan. Seperti tersedianya makanan halal. Di sini Alhamdulillah makanannya semuanya halal. Itu saja tidak cukup. Bagaimana fasilitas peribadahannya. Jadi kalau pas sholat Dhuhur dan Asyar misalnya, ada mushola yang mencukupi dan mumpuni yang bisa digunakan oleh wisatawan. Karena kita bertadabur alam sekarang ini tidak boleh lupa kewajiban kita untuk beribadah. Fasilitas penting lainnya, tersedianya toilet yang ramah terhadap wisatawan muslim dan muslimah. Juga disediakan tempat untuk mensucikan diri setelah kita menggunakan toilet,” papar Sandiaga pada hari Sabtu (27/7/2024).

Hal tersebut disampaikan oleh Sandiaga dalam perbincangan santai bertajuk “Talkshow Potensi Wisata Halal di Kabupaten Pasuruan” yang digelar di area Kurma Park tersebut, Menparekraf Sandi mendorong Pemerintah Kabupaten Pasuruan agar terus mengoptimalkan pengembangan konsep wisata halal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *