Kediri Miliki Mal dengan Area Khusus Kuliner Halal

Kediri (foto: beritajatim.com)

MTN, Kediri – Kediri Town Square jadi mal pertama dengan zona kuliner halal di Indonesia. Seperti apa?

Dilansir dari Times Indonesia, setelah pada 2023 lalu sentra kuliner Soto Ayam Bok Ijo Tamanan ditetapkan sebagai zona KHAS (Kuliner Halal, Aman, dan Sehat) pertama di Kota Kediri, kini pada 2024, kawasan kuliner di food court Kediri Town Square (KETOS) juga memperoleh status yang sama. Ini menjadikan Kediri Town Square sebagai mall atau pusat perbelanjaan pertama di Indonesia yang memiliki zona KHAS.

Penetapan food court Kediri Town Square sebagai zona KHAS ini membawa dampak positif baik bagi pihak manajemen mall maupun pengunjung. Andri Maulana Syahputra, Mall Director Kediri Town Square, menyatakan bahwa adanya zona KHAS ini meningkatkan kenyamanan dan kepercayaan pengunjung terhadap makanan yang disajikan di food court tersebut.

“Penambahan trafik pasti ada. Pengunjung bisa mendapatkan kenyamanan serta bahwa makanan-makanan yang ada di Kediri Town Square itu sudah halal,” ujar Andri, Kamis (29/08/2024).

Proses peninjauan dan penempelan label halal pada tenant-tenant yang ada di food court Kediri Town Square telah dilakukan pekan lalu. Sertifikat zona KHAS dari Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) diberikan pada acara pembukaan SYIAR 2024 di Aula Muktamar Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri.

Saat ini, food court Kediri Town Square memiliki sekitar 10 tenant kuliner yang menawarkan berbagai jenis makanan. Sebelum mendapatkan status zona KHAS, food court ini harus melewati serangkaian penilaian ketat, termasuk sanitasi, pengolahan makanan, dan kebersihan.

Andri menuturkan keberadaan food court halal ini sangat penting bagi masyarakat. “Karena mereka harus diberikan rasa aman. Terkadang memang saat pergi ke suatu tempat, kita khawatir apakah ini penyembelihan ayamnya benar atau tidak, terus kemudian dagingnya bagaimana pengolahannya, seperti itu,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *