Museum Nabi Muhammad SAW Akan Dibangun di Depok

Museum Nabi Muhammad SAW akan dibangun di kota Depok

MTN, Jakarta – Museum sejarah Nabi Muhammad akan dibangun di Depok, Jawa Barat. Seperti apa?

Museum sejarah Nabi Muhammad SAW akan segera dibangun di Depok, Jawa Barat.

Dilansir dari Suara, pimpinan Yayasan Museum Salam Bagimu Wahai Baginda Nabi (Assalamu ‘Alayka Ayyuha An-Nabi Endowment), Abdullah Nassir Al Qarni, mengatakan contoh bangunannya sudah ada di Dubai, Uni Emirat Arab.

Wakil Ketua Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia, Syafruddin , mengatakan kalau konsep museum ini didesain secara modern sehingga pengunjung dengan hanya menyentuh layar hologram dapat melihat sejarah Rasulullah SAW. “Jadi ya kecanggihan yang ada sekarang, yaitu sudah menggunakan G5, digital teknologi, dan ada juga artificial intelligence. Dan saya sudah melihat secara langsung di Madinah,” ungkapnya.

Syafruddin mengatakan nantinya di dalam museum tersebut akan ditampilkan semua yang pernah tertulis dalam sejarah perjuangan Nabi Muhammad SAW seperti tempat lahirnya Nabi, Gua Hira, mukjizatnya, dan lain-lain.

Dilansir dari Republika, Syafruddin juga menyatakan kalau Museum Rasulullah SAW diprediksi akan menyedot enam sampai delapan juta wisatawan per tahun.

Selain itu Nassir menambahkan di dalam museum sejarah Nabi Muhammad itu juga akan ditampilkan lengkap miniatur Mekkah dan Madinah secara detil.

“Ada Shafa, Marwah, dan sebagainya. Kalau luas lokasinya memungkinkan, miniatur ini bukan hanya dibangun di dalam ruangan tapi juga di luar ruangan. Sehingga seakan-akan pengunjung berkeliling sambil menikmati suasana di zaman Rasulullah SAW,” ujar Nassir.

Sebelumnya Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan Pemerintah Indonesia menyambut baik rencana pembangunan museum yang telah mendapat dukungan dari Raja Salman dan Putera Mahkota Arab itu.

Dilansir dari Okezone, JK juga menuturkan, dengan adanya Museum Rasulullah SAW, akan menjadi ikon wisata religi baru bagi masyarakat Indonesia dan Negara di kawasan Asia maupun Eropa, lantaran lokasi yang strategis dan mudah diakses.

“Selain berfungsi sebagai wisata religi, Museum Rasulullah juga akan sarat dengan wahana dan informasi edukatif yang menjadi objek penelitian bagi mereka yang berminat kepada studi-studi agama khususnya Islam,” tutur JK.

“Kita setuju karena itu penting sebagai umat Islam untuk melihat sejarah perjalanan hidup Rasulullah dan juga kita akan masukkan perjalanan Islam di Indonesia,” kata Wapres.

Sebagai bentuk tindak lanjutnya, Pemerintah Indonesia akan menyiapkan lahan untuk pembangunan museum tersebut. Rencananya, museum tersebut akan dibangun di komplek Universitas Islam Indonesia Internasional (UIII) yang sedang dibangun.

“Kita akan menyiapkan lahannya supaya juga menjadi bagian dari dakwah, ya sementara ini kita lagi mencari lahan yang cocok,” kata JK yang juga Ketua Umum Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) itu.

Pembangunan Museum Rasulullah SAW ini didasarkan pada nota kesepahaman (MoU) antara DMI, Liga Muslim Dunia, dan Yayasan Wakaf Assalam. Museum Rasulullah ini dibangun dengan biaya dari Liga Muslim Dunia. “Dananya akan di-founding oleh Liga Muslim Dunia, tapi kami juga punya tugas dan kewajiban-kewajiban,” jelas Syafruddin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *