E-book Panduan ke Korea untuk Wisatawan Muslim

wisata ke Korea (foto: setara.net)

MTN, Jakarta – Pihak Korea Tourism Organization (KTO) Jakarta baru saja meluncurkan buku elektronik (e-book) panduan berpelesir ke Korea untuk para wisatawan muslim. Seperti apa?

Dilansir dari Detik, pihak KTO merilis e-book tema wisata Korea Selatan yang bertajuk Liburan #keKoreaAja Yuk! Dalam buku tersebut dijelaskan mengenai informasi dan tips wisata bagi wisatawan muslim.

Perwakilan KTO Jakarta, Dwita Rizki, menjelaskan kalau dalam buku setebal 435 halaman itu tercantum informasi mengenai masjid-masjid besar dan bersejarah di Korea Selatan. Ia mengungkapkan, referensi ini dapat digunakan wisatawan muslim yang ingin menyambangi dan merasakan shalat di Negeri Ginseng.

Ada pula saran khusus untuk wisatawan muslim. Misalnya catatan mengenai ketersediaan musala, restoran halal, atau masjid di atraksi wisata Korea Selatan.

Rizki juga menjelaskan bahwa wisatawan muslim termasuk dari Indonesia biasanya kesulitan dalam menemukan restoran halal. Tapi ia menegaskan kalau saat ini Korea Selatan sudah terbuka pada wisatawan muslim dan mulai menjual menu makanan halal.

“Kesulitan pastinya muslim banyak batasan untuk makan. Khususnya nggak boleh makan untuk pork (daging babi), sementara di Korea itu mayoritasnya bukan muslim, jadi makanan memang mengandung banyak pork,” ujar Rizki.

“Namun sekitar tiga tahun terakhir pemerintah semakin melek dengan wisatawan yang banyak muslimnya, apalagi seperti Indonesia yang penduduknya banyak, lalu banyak wisatwan dari Timur Tengah juga. Sekarang sih lebih gampang untuk cari makan termasuk daerah Myongdong yang ramai, banyak makan-makanan yang ditulis ini halal,” ia menambahkan.

Agar wisatawan tidak terkecoh makanan haram, perwakilan KTO lainnya yang bernama Irma memberikan tips kulineran di Korea Selatan. “Mencari makanan lebih ke tempat wisata. Kalau di tempat wisata biasanya food stall-nya sudah lebih jelas, mana yang muslim friendly, mana yang tidak,” ujarnya.

Selain mencakup informasi untuk wisatawan muslim, buku panduan Liburan #keKoreaAja Yuk! juga memuat informasi umum tentang wisata Korea Selatan, termasuk lokasi instagramable. Buku ini dapat diunduh secara gratis di SINI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *