Peminat Wisata Halal Justru Meningkat di Tengah Pandemi

ilustrasi (foto: balkaninsight)

MTN, Jakarta – Di tengah masa pandemi Covid-19 ini, peminat wisata halal justru meningkat. Seperti apa?

Dilansir dari Republika, peminat wisata halal di Turki justru meningkat di tengah masa pandemi Covid-19.

Seorang pejabat operator tur wisata internasional mengatakan kalau minat terhadap pariwisata halal yang menawarkan lebih banyak privasi meningkat di tengah pandemi.

Dalam sebuah wawancara dengan Anadolu Agency, Emrullah Ahmet Turhan, sekretaris jenderal di Organisasi Pariwisata Halal Internasional, mengatakan kalau wisata halal memahami perlunya privasi yang memberikan keunggulan di masa-masa tidak pasti ini.

Pariwisata halal menawarkan paket yang dibuat khusus untuk para turis yang mentaati hukum Islam; menawarkan layanan antara lain menginap di hotel yang tidak menyajikan alkohol, fasilitas spa dan kolam renang terpisah (untuk pria dan perempuan).

Turhan mengatakan kalau orang-orang dapat menikmati musim liburan musim panas dengan mengikuti aturan jarak fisik dan sosial; yang ditawarkan oleh pariwisata halal.

Berbicara tentang Turki, Turhan mengatakan hampir 30 unit hotel telah mengubah fasilitas mereka menjadi pariwisata halal. Dia menekankan pariwisata halal adalah “bisnis serius” yang pendapatan skala globalnya pada 2018 mencapai 171 miliar dolar AS.

Turhan mengatakan 121 juta Muslim di seluruh dunia melakukan perjalanan ke negara lain setiap tahun.

“Sekira 8,5 juta Muslim datang ke Turki untuk liburan setiap tahun,” ungkapnya dalam menyoroti angka tersebut; yang merupakan 10 persen dari wisatawan Muslim global.

Turhan menambahkan, kalau setiap turis dalam bidang ini rata-rata menghabiskan setidaknya 1.296 dolar AS di Turki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *