Wisata Halal Dapat Bantu Wisatawan Muslim Dekatkan Diri Kepada Allah

MTN, Yogyakarta – Ketua Divisi Fatwa Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah mengatakan bahwa wisata halal dapat bantu wisatawan muslim dekatkan diri kepada Allah SWT.

Dilansir dari situs resmi Muhammadyah, Ketua Divisi Fatwa Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, Ruslan Fariadi, mengatakan bahwa salah satu nilai tambah yang paling penting dari konsep wisata halal adalah bahwa ini dapat membantu wisatawan Muslim untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah.

Hal tersebut dikatakan oleh Ruslan di acara Seminar Tuntunan Wisata Islami Majelis Tarjih dan Tajdid PDM Kota Yogyakarta pada Sabtu pekan lalu (23/9) di Panti Asuhan Yogyakarta Muhammadiyah Lowanu.

“Dalam wisata ini, tidak hanya aspek rekreasi yang menjadi target, tetapi juga harus ada aspek iqra’, yaitu membaca ayat-ayat kauniyah (ayat-ayat yang menggambarkan ciptaan Allah),” ujar Ruslan.

Dengan mengunjungi tempat-tempat yang indah dan alam yang menakjubkan, wisatawan Muslim dapat merenungkan kebesaran Allah dan mengapresiasi keindahan ciptaan-Nya. Ini adalah pengalaman yang mendalam yang dapat membantu mereka merasakan koneksi spiritual yang lebih kuat.

Pariwisata telah mengalami transformasi yang signifikan dari kebutuhan tersier menjadi kebutuhan primer dalam kehidupan modern. Konsep wisata halal menawarkan solusi yang menghormati aturan Islam dan bahkan dapat membantu wisatawan mendekatkan diri kepada Allah.

Namun, pengaturan yang bijak dan kerjasama antara pihak terkait adalah kunci untuk menjalankan konsep ini dengan sukses. Dengan demikian, pariwisata halal menjadi langkah menuju keberlanjutan yang menghormati nilai-nilai agama dalam industri pariwisata yang terus berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *