Perwakilan NTB Promosikan Wisata Halal di Brunei Darussalam

ilustrasi (foto: radarlombok.co.id)

MTN, Mataram – Wakil Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) untuk provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Hj Lale Prayatni, mempromosikan potensi pariwisata halal dan MotoGP 2024 di Brunai Darussalam. Seperti apa?

“Alhamdulillah NTB beberapa kali mendapat penghargaan wisata halal terbaik di dunia,” ujar Lale di acara kegiatan Halal Expo di KBRI Brunei Darussalam, melalui keterangan resmi yang diterima di Kota Mataram, NTB, Jumat (28/6).

Diansir dari Antara News, Hj Lale Prayatni mengatakan kalau wisata halal di NTB dimulai tahun 2015, yang mana ‘halal tourism’ di NTB menjamin ketersediaan makanan halal, ketersediaan tempat ibadah, dan penginapan yang mengusung wisata ramah Muslim.

Alhasil, dari konsep itu, terang Hj Lale Prayatni, Provinsi NTB mendapatkan beberapa penghargaan atas dedikasi-nya menyelenggarakan wisata halal.

Penghargaan yang telah diraih oleh provinsi NTB di antaranya, penghargaan di ajang World Halal Tourism Awards (WHTA) 2016, di ajang tersebut Lombok khususnya NTB berhasil meraih gelar juara.

Desa Sembalun terpilih sebagai destinasi bulan madu halal terbaik (Worlds Best Halal Honeymoon Destination) 2016.

Selanjutnya, Hotel Novotel Lombok Resort & Villas sebagai resor halal tepi pantai terbaik (Worlds Best Halal Beach Resort) dan situs www.wonderfullomboksumbawa.com sebagai situs pariwisata halal terbaik dunia (Worlds Best Halal Travel Website).

Selain itu, NTB juga berhasil meraih peringkat pertama destinasi pariwisata ramah Muslim dalam ajang Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) Award 2023.

Selain wisata halal, ia juga mempromosikan berbagai kegiatan internasional yang ada di NTB, di antaranya MotoGP yang rencananya diselenggarakan pada 27-29 September 2024 di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah.

Oleh karena itu, ia berharap ajang tersebut dapat menghadirkan wisatawan asal Brunai Darussalam untuk menonton di Sirkuit Mandalika. Di samping itu, dirinya mengatakan NTB juga memiliki Pulau Sumbawa dengan berbagai potensi yang dimilikinya.

“Pulau Lombok maupun Pulau Sumbawa memiliki pantai, bukit, hingga gunung yang menawan dengan keindahan pesona panorama,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *