Kolaborasi untuk Pengembangan Wisata Halal di Sumut

Danau Toba (foto: Instagram @minarstg)

MTN, Medan – Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Medan jalin kerjasama dengan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan untuk pengembangan wisata halal di Sumatera Utara. Seperti apa?

Dilansir dari Waspada.id, kerjasama yang akan dijalin adalah penguatan Tri Dharma perguruan tinggi, khususnya pada bidang pariwisata dengan konsep halal.

Di pertemuan ini hadir Rektor UINSU Prof Dr Nurhayati, MAg, yang diwakilkan oleh Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Pengembangan Lembaga Prof Dr Muzakkir, MAg dan Poltekpar Medan yang dihadiri langsung oleh Direktur Poltekpar Medan Dr Ngatemin, SPd, MSi.

“Poltekpar Medan dan UINSU merupakan lembaga Pendidikan Tinggi yang berfungsi dan bertugas menjalankan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian pada masyarakat serta mengembangkan dan membentuk sumber daya manusia,” tutur Direktur Poltekpar Medan, Dr. Ngatemin., S.Pd., M.SI, Minggu (1/9).

Poltekpar berkomitmen akan menjalin kerjasama terutama dalam peningkatan sumber daya manusia pariwisata terutana untuk konsep wisata halal.

“Poltekpar Medan dan UINSU sepakat untuk mensinergikan kegiatan-kegiatan yang saling terkait dalam suatu kegiatan bersama seperti pelaksanaan kegiatan program seminar dan workshop bersama tentang ekonomi pariwisata terutama terkait potensi wisata halal di Sumatera Utara,” ungkapnya.

Bidang lain adalah perencanaan strategi pengembangan ekonomi pariwisata halal, pembahasan tantangan dan peluang pengembangan pariwisata halal serta pengolahan usaha makanan dan minuman halal.

“Pendidikan dan pelatihan bagi masyarakat desa wisata mengenai standar dan sertifikasi halal juga menjadi salah satu bagian yang akan dikerjasamakan melalui kegiatan pengabdian masyarakat,” jelasnya.

“Kerjasama ini harapkan dapat menjadi salah satu wadah pengembangan pariwisata halal di Sumatera Utara, selain untuk kemajuan pendidikan pariwisata tetapi juga untuk pengembangan destinasi wisata dengan konsep halal,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *