Melihat Masjid Muhammad Cheng Ho di Batam

Masjid Muhammad Cheng Ho Batam (foto: F Dalil Harahap / Batam Pos)

MTN, Jakarta – Ada beberapa masjid Cheng Ho di Indonesia, salah satunya adalah Masjid Muhammad Cheng Ho di Batam. Seperti apa?

Dilansir dari TribunBatam, di Batam juga ada masjid Muhammad Cheng Ho, yang terletak di kawasan Golden City, Bengkong Laut, kecamatan Bengkong, Batam, kepulauan Riau.

Sesuai namanya, masjid ini dibangun untuk mengenang Laksamana Cheng Hoo atau Haji Mahmud Shams.

Laksamana Cheng Hoo adalah seorang pelaut dan penjelajah asal China yang pernah melakukan ekspedisi ke Nusantara.

Selama di Indonesia, Cheng Hoo telah menyebarkan ajaran Islam melalui dakwah-dakwahnya.

Namun, masjid ini bukan peninggalan Laksamana Cheng Hoo, melainkan murni dibangun oleh pemilik kawasan wisata Golden City.

Masjid dengan luas 20 x 30 meter ini kaya akan arsitektur dan interior khas negeri tirai bambu dengan warna merah yang mendominasi.

Masjid dan Kapal Laksamana Cheng Ho di Kota Batam merupakan replika dari masjid Laksamana Cheng Ho yang ada di Surabaya.

“Masjid ini diprakarsai oleh seorang pengusaha yang bernama Abi, pemilik Golden Pranw. Selain untuk mengenang seorang ulama dari Tiongkok, juga sebagai salah satu ikon wisata di Kepri,” ujar Ustazd Khaidir, pengurus masjid Laksamana Cheng Ho, seperti dilansir dari Batam News.

Ustazd Khaidir mengatakan kalau Masjid Muhammad Cheng Ho diresmikan pada 21 Februari 2015 oleh Menteri Pariwisata dan Menteri Bidang Kemaritiman.

Masjid Muhammad Cheng Ho beratapkan atap segi delapan yang mirip pagoda. Di puncak pagoda terdapat lafaz Allah dalam tulisan Arab yang menegaskan bahwa bangunan ini adalah masjid.

Di bagian depan bangunan masjid ini terdapat tulisan Masjid Muhammad Cheng Hoo, dilengkapi dengan aksara China di bawahnya.

Selain itu, relief berbentuk naga juga menghiasi dinding masjid ini. Masjid Muhammad Cheng Ho memiliki daya tampung kurang lebih 200 orang jamaah.

Tidak hanya wisatawan lokal saja yang datang ke Masjid Muhammad Cheng Ho, tapi juga wisatawan mancanegara seperti India, Malaysia, dan China.

Selain di Batam, masjid Muhammad Cheng Hoo juga ada di Surabaya, sebab kota ini juga pernah disinggahi oleh Cheng Hoo.

Masjid Muhammad Cheng Ho Batam (foto: ceritaumi.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *