Turis Muslim Kian Dimanjakan oleh Wisata Halal di Thailand

ilustrasi (foto: muslimobsession.com)

MTN, Jakarta – Para turis muslim kini semakin nyaman ketika berkunjung di Thailand, berkat program wisata halal di Negeri Gajah Putih tersebut.

Dilansir dari CNN Indonesia, Thailand, kendati bukan negara yang penduduknya mayoritas muslim, namun menawarkan destinasi wisata yang ramah bagi wisatawan muslim. Islam sendiri menjadi agama terbesar kedua di Thailand.

Wisata halal beberapa tahun belakangan memang menjadi tren. Thailand termasuk negara yang fokus dengan perkembangan wisata halal di negaranya.

Thailand dianggap sebagai salah satu negara yang muslim friendly. Dari sejak tiba di Bandara Internasional Suvarnabhumi di Bangkok, wisatawan muslim sudah dipermudah dengan keberadaan mushala untuk beribadah.

Ada lebih dari 3.400 masjid di Thailand, di mana 170 buah di antaranya terletak di Bangkok. Yang menarik, ada masjid yang bernama Masjid Jawa yang didirikan oleh seorang muslim berdarah Jawa pada 1906.

Selain di bandara, hampir di setiap mal di Thailand juga tersedia mushala. Wisatawan muslim juga akan relatif mudah menemukan makanan halal, apalagi ada sertifikasi halal dari Halal Standard Institute of Thailand di bawah naungan Central Islamic Committee of Thailand.

“Jumlah wisatawan Muslim Indonesia kian meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Terdapat banyak hal bersertifikasi halal yang kami tawarkan di Thailand, mulai dari tempat wisata, makanan, hotel, fashion hingga tempat ibadah,” jelas Deputy Director Tourism Authority of Thailand, Sirimanas Pimpakom, beberapa waktu silam saat berada di Jakarta.

Untuk wisata halal, ada sejumlah tempat di Thailand yang direkomendasikan seperti di bagian selatan Pulau Phuket yang ada halal district. Kemudian, halal district atau halal street juga ada di Kota Chiang Mai, sebelah utara Thailand.

Wisata halal juga bisa ditemui di di Charoen Krung, Bangkok, yang lokasinya tidak jauh dari pusat perbelanjaan terbuka populer Asiatique. Beragam makanan halal disajikan di tempat itu seperti Nasi Biryani, Tom Yum, Mango Sticky Rice, hingga minuman thai ice tea yang autentik.

Wisatawan muslim juga bisa mampir ke Masjid Indonesia (Masjid Agung), yang lokasinya dekat dengan Kedutaan Amerika Serikat dan Taman Lumphini. Di sekitar masjid ada sejumlah toko makanan halal yang lezat.

Selain itu, di Kota Bangkok juga bisa mampir ke The Foundation of Islamic Center of Bangkok, di mana bisa ditemukan makanan halal yang dijual di kawasan tersebut.

Thailand juga merilis aplikasi khusus bernama Thailand Muslim Friendly Destination, yang memudahkan wisatawan muslim menemukan destinasi, termasuk masjid atau mushala hingga sejumlah restoran yang memiliki menu makanan halal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *