Potensi Salatiga untuk jadi Daerah Wisata Muslim

Masjid Jami’ Asy-Syukur di Salatiga

MTN, Jakarta – Melihat potensi besarnya, kota Salatiga di Jawa Tengah didorong untuk jadi daerah wisata muslim. Seperti apa?

Wacana Salatiga untuk dijadikan daerah wisata muslim pertama kali digulirkan oleh Ketua DPRD kota tersebut.

Ketua DPRD Kota Salatiga, Dance Ishak Palit, saat menghadiri Musrenbang tingkat kecamatan, di Aula Kecamatan Tingkir Kota Salatiga, Februari 2020 lalu, menggulirkan wacana Salatiga untuk dijadikan daerah wisata muslim.

Dilansir dari Tribun News, menurut Dance, pembangunan wisata di Kota Salatiga sejauh ini masih berlangsung parsial sehingga pengembangan, termasuk pangsa pasar bagi wisatawan juga kurang terfokus.

“Karenanya mengapa tadi di forum saya sampaikan supaya wilayah Tingkir itu dijadikan pusat wisata muslim saja,” ungkap Dance.

“Karena apa? Di sana ada pengrajin konveksi busana muslim, ada makam KH Abdul Wahid; kakek buyutnya Gus Dur,” tambahnya.

Jelas Dance, beberapa waktu lalu di wilayah Kecamatan Tingkir juga diresmikan pembangunan Jalan Usaha Tani (Jalut); yang berpotensi menjadi wisata agro karena terletak di daerah persawahan.

Ia menambahkan, dengan pembangunan yang terintegrasi satu dan lainnya saling terhubung bukan tidak mungkin pengembangan wisata muslim tersebut bakal menjadikan Salatiga unggul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *