Wisata Religi Al Quran Raksasa di Palembang Kembali Dibuka

Al Quran Raksasa Gandus Palembang (foto: Antara / Yahanan Sulam)

MTN, Jakarta – Wisata religi di Al Quran Raksasa Gandus Palembang kembali dibuka meski pandemi Corona masih berlangsung.

Di era New Normal ini objek wisata Al Quran Raksasa di Gandus, Palembang, kembali dibuka. Pembukaan kembali objek tersebut diilakukan oleh Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru.

Dilansir dari Antara, objek wisata tersebut ditutup sejak wabah virus Corona merebak. Penutupan pertama kali dilakukan pada 17 Maret 2020.

Kini, empat bulan pasca penutupan tersebut, sejumlah tempat wisata kembali dibuka, termasuk wisata religi di Al Quran Raksasa Gandus.

“Quran Al Akbar atau lebih dikenal Quran Raksasa sebagai tempat wisata religi bagi masyarakat sehingga perlu dibuka kembali,” ujar Herman usai pembukaan kembali wisata religi Quran Raksasa Gandus Palembang, akhir pekan lalu.

Selain itu, objek wisata Al Quran Raksasa merupakan tempat edukasi agama bagi masyarakat, sehingga keberadaannya perlu terus dikembangkan. Bahkan, dengan dibukanya kembali Al Quran Raksasa itu bisa memotivasi berbagai pondok pesantren yang ada di provinsi Sumsel.

Herman juga mengatakan kalau dibukanya wisata religi Al Quran Raksasa itu sejalan dengan program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel yaitu Satu Desa Satu Rumah Tahfidz.

Namun Herman meminta agar dibukanya lagi tempat wisata religi tersebut harus dijalankan dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19, demi mencegah munculnya klaster baru virus Corona di tempat wisata.

“Itu penting karena dalam normal baru sekarang ini protokol kesehatan harus tetap diutamakan,” kata Gubernur Herman Deru. Hal itu, lanjutnya, untuk memutus mata rantai penyebaran Corona yang masih ada.

Al Quran Raksasa dipahat di permukaan kayu Trembesi berukuran panjang 177 sentimeter dengan lebar 140 sentimeter dan ketebalan 2,5 sentimeter. Al Quran Raksasa itu, ujar Herman, merupakan hasil karya Wong Kito yang tidak hanya menjadi alternatif tujuan wisata warga lokal tetapi juga mancanegara.

Wisata Religi Al Qur’an Raksasa berlokasi di Jl. Moh. Amin, Gandus, Kec. Gandus, Kota Palembang, Sumatera Selatan, 30149, dengan nomor telepon: 0821-8622-6958.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *