Saat Pandemi, Masjid Raya Sragen Sediakan Makan Gratis

Masjid Raya Al-Falah Sragen

MTN, Jakarta – Pandemi Corona memang membuat banyak orang jadi semakin sulit dari segi ekonomi. Pihak Masjid Raya Al Falah Sragen coba meringankan beban masyarakat setempat dengan rutin menyediakan makan gratis.

Dilansir dari TepianIndonesia, program makan gratis ini dilakukan sebagai bentuk solusi kepedulian terhadap umat muslim, yang saat ini tengah mengalami kesulitan akibat pandemi Covid 19.

Sebanyak 100 porsi makanan setiap hari disediakan di halaman masjid. Masyarakat diperbolehkan makan.

Berbagai menu dan sayur-sayuran disediakan mulai menu soto, sayur bening, sayur asam, sayur terong dan lainnya. Sementara untuk minuman masjid ini menyediakan teh hangat dan air mineral disediakan pihak masjid.

“Ini sangat membantu masyarakat, ini tadi saya salat dulu baru makan. Ini saya baru pertama makan di sini bareng keluarga. Tadi saya ambil menu makan soto,” ungkap, Rendy (20), warga jetak, Sidoarjo, Sragen, pada Selasa, 10 November 2020.

Sementara itu, Direktur Badan Usaha Milik Masjid (BUMM) Al Falah, Anas Sayyidina, saat ditemui menyampaikan kalau program makan gratis sudah berlangsung sejak virus Corona masuk Sragen.

“Konsepnya setiap hari kami menyediakan 100 porsi makan gratis. Selain itu sebulan sekali kami menyediakan 1000 porsi bagi jamaah yang berkunjung ke masjid, dan monggo bagi seluruh jamaah yang ke sini bisa mengambil silakan,” bebernya.

Menurut Anas, dasar program pemberian makan gratis merupakan bentuk solusi bagi umat Islam yang berada di Sragen maupun yang datang ke Sragen. “Ini menjadi solusi umat Islam di mana saat pandemi, mungkin pendapatan menurun, terkena PHK atau kesulitan mencari nafkah maka ada warung makan gratis ini mungkin bisa mambantu mereka untuk sehari-hari,” ujarnya.

Selain itu, masjid yang berada di tengah kota Sragen tersebut juga menyediakan tempat tidur gratis. Ini diperuntukan bagi umat Islam yang melakukan perjalanan jauh dan membutuhkan tempat istirahat.

“Bagi musafir Alhamdulillah kami mendapatkan kepercayaan dari jamaah ada bantuan kasur sebanyak 12 lebih. Kami menyediakan tempat menginap sebentar buka 24 jam, monggo silakan mampir,” pungkas Anas.

Masjid Raya Al-Falah Sragen adalah sebuah Masjid yang terletak di Sragen, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Alamat Masjid Raya Al-Falah Sragen: Jl. Sukowati, Kebayan 3, Sragen Tengah, Kec. Sragen, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, 57212.

Masjid Raya Al-Falah Sragen (foto: PWM Jawa-Tengah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *