Ragam Pilihan Kuliner Halal di Pontianak

ilustrasi (foto: pergidulu.com)

MTN, Jakarta – Kota Pontianak, Kalimantan Barat, dikenal sebagai kota wisata kuliner, lantaran kaya akan aneka ragam kulinernya. Kuliner halal? Tentu saja kota ini tawarkan banyak pilihan.

Dilansir dari Koransaku, berikut ini adalah kuliner khas dan halal di Kota Pontianak, Kalimantan Barat:

Lontong Sayok Pontianak (foto: okezone.com)

Lontong Sayok
Lontong sayur merupakan kuliner khas Indonesia termasuk di Kota Pontianak Provinsi Kalimantan Barat. Lontong sayur juga merupakan sajian khas pada saat Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Dengan paduan rasa ditambah lagi kuah santan dan membuat penikmatnya selalu ketagihan.

Menu ini tidak hanya dinikmati oleh masyarakat biasa, melainkan juga dinikmati oleh pejabat negara. Terbaru, Ketua DPR RI Puan Maharani saat berkunjung ke Kota Pontianak menyantap hidangan lontong sayur di pusat kuliner di Jalan Gajah Mada Pontianak Kalimantan Barat.

Pengkang (foto: theasianparent.com)

Pengkang
Makanan khas asal Pontianak selanjutnya adalah Pengkang, olahan beras ketan yang dibungkus dengan daun pisang bersama ebi dan dibakar. Proses pembakaran menggunakan daun pisang membuat kuliner asal Pontianak ini memiliki aroma khas yang menggoda.

Biasanya, pengkang lebih nikmat disajikan lengkap bersama sambal kerang, membuat makanan khas Pontianak ini semakin sedap.

Burung Punai Bakar (foto: indonesiatraveler.id)

Burung Punai
Kuliner khas Pontianak selanjutnya ini juga tergolong sederhana namun cukup unik. Jika biasanya kita mengonsumsi daging ayam, di Pontianak Toppers mungkin bisa menjadikan burung punai sebagai alternatif.

Jenis burung ini cukup banyak ditemukan di Kalimantan sehingga tak sulit untuk menemukan kuliner burung punai bakar ataupun burung punai goreng untuk Toppers cicipi saat singgah ke Pontianak.

Bingke (foto: .pikiran-rakyat.com)

Bingke
Kue khas Pontianak lain yang bisa anda cicipi sekaligus dijadikan oleh-oleh dari Pontianak adalah Kue Bingke. Dengan tekstur lembut dan cita rasa manis, kini kue ini dikembangkan menjadi berbagai varian rasa mulai dari kacang ijo, duran, cokelat, keju, susu, dan berbagai rasa lainnya.

Sotong Pangkong (foto: okezone.com)

Sotong Pangkong
Makanan khas Pontianak selanjutnya adalah Sotong Pengkong. Sotong Pengkong sendiri memiliki cara pembuatan yang sangat sederhana. Cukup pukul-pukul Sotong Kering hingga dagingnya menjadi emping dan sirami dengan kuah sambal kacang khas Pontianak.

Meskipun sederhana, makanan tradisional khas Pontianak ini memiliki cita rasa unik yang tak ada salahnya dicicipi saat mengunjungi kota yang dilalui garis Khatulistiwa ini.

Ketupat Colet (foto: goodnewsfromindonesia.id)

Ketupat Colet
pasti tidak asing dengan sajian Ketupat Colet. Berbeda dengan ketupat pada umumnya, ketupat colet direbus dengan santan dan dihidangkan dengan bumbu cocolan rendang daging.

Daging pada rendang sengaja dipotong kecil-kecil agar mudah dicocol menggunakan tangan. Rasa dari ketupat colet dominan asin dan gurih serta kaya akan rasa rempah-rempah dari bumbu rendangnya.

Patlau (foto: correcto.id)

Patlau
Sama dengan ketupat Jawa, Patlau sering dihidangkan untuk menu jamuan saat hari raya Islam seperti Idul Fitri. Jika dilihat sekilas kudapan ini mirip dengan lemper dan lontong. Makanan khas satu ini lebih nikmat jika dinikmati dengan rendang maupun opor ayam.

Bahan dasar yang digunakan untuk membuat makanan ini juga sama dengan membuat lemang yaitu dengan beras ketan dan campuran santan, serta menggunakan daun pisang sebagai bungkusannya.

Kemudian untuk proses pembuatan Patlau dimasak dengan cara direbus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *