Menparekraf Prediksi Perputaran Uang Wisata Halal Meroket di 2024

ilustrasi (foto: Pojok Baca)

MTN, Jakarta – Menparekraf memprediksi kalau perputaran uang dari wisata halal akan meroket tahun ini. Naik berapa persen?

Dilansir dari Suara, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, memproyeksikan peningkatan yang signifikan dalam perputaran uang dari wisata halal Indonesia pada tahun 2024. Hal ini sejalan dengan pemulihan ekonomi pasca-pandemi COVID-19.

Sandiaga menyampaikan bahwa terdapat potensi peningkatan hingga 25 persen dalam perputaran uang pariwisata halal pada tahun tersebut. Situasi ini didukung oleh pertumbuhan ekonomi yang positif setelah berakhirnya pandemi COVID-19 pada tahun 2023.

Menparekraf juga menyoroti pertumbuhan konsumsi rumah tangga yang sehat sebagai salah satu faktor pendorong peningkatan ini.

Selain itu, Sandiaga juga meramalkan peningkatan signifikan dalam pergerakan masyarakat selama Ramadan dan Lebaran tahun itu, yang tercermin dalam partisipasi yang tinggi dalam acara-acara keagamaan seperti buka puasa bersama di Masjid Istiqlal.

Sandiaga menekankan pentingnya kerjasama antara pariwisata halal dan ekonomi kreatif, yang tercermin dalam acara Istiqlal Ramadan Fair 2024. Dia juga mendorong para donatur untuk memanfaatkan momentum Ramadan dengan memberikan sedekah melalui Masjid Istiqlal.

“Saya mengundang para perusahaan-perusahaan donatur-donatur untuk menggunakan opportunity ini, satu bulan penuh Allah berikan kita untuk berbagi. Dan ini juga akan membantu saudara-saudara kita menghadapi tekanan kenaikan harga-harga beras dan lain sebagainya dengan beramal melalui kegiatan di Masjid Istiqlal,” ujar Sandiaga.

Selain itu, Kemenparekraf juga berupaya untuk memperkuat UMKM sektor ekonomi kreatif selama Ramadan melalui pelatihan, pendampingan, dan bantuan permodalan. Pemerintah menetapkan target agar seluruh UMKM memperoleh sertifikat halal sebelum Oktober 2024.

Sandiaga juga menggarisbawahi bahwa Indonesia merupakan destinasi wisata halal yang diminati secara global, terbukti dengan predikat sebagai Top Muslim Friendly Destination of The Year 2023 dalam GMTI. Dia mengajak semua pihak untuk menjaga dan mempertahankan pencapaian tersebut di tahun berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *