Bangka Belitung Diproyeksikan jadi Destinasi Wisata Halal

Mesjid Raya Tuatunu di Bangka Belitung

MTN, Jakarta – Provinsi Bangka Belitung diproyeksikan untuk jadi destinasi wisata halal dunia. Seperti apa?

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berkomitmen untuk jadikan Babel sebagai destinasi wisata halal dunia, sebagai upaya mempercepat pertumbuhan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat daerah.

Dilansir dari Antara, Gubernur Babel, Erzaldi Rosman Djohan, sudah berkomitmen untuk menjadikan negeri laskar pelangi itu sebagai daerah wisata dan industri kecil menengah halal.

Komitmen dari Erzaldi itu sudah mendapatkan dukungan penuh dari Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, Ma’ruf Amin, dan pihak Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Bangka Belitung tidak hanya memiliki keindahan alam yang eksotik, tetapi juga kuliner yang enak, serta kebudayaan melayu yang kuat,” kata Ma’ruf Amin.

Ma’ruf Amin mengatakan, konsep wisata halal tersebut tidak akan mengganggu objek wisata dan umat nonmuslim lainnya di Bangka Belitung. Wisata halalnya harus mengacu pada aturan hidup umat Islam, baik di sisi adab mengadakan perjalanan, menentukan tujuan wisata, akomodasi, hingga ke konsumsi makanan.

“Penerapan syariah dalam wisata halal ini tidak perlu mengubah destinasi wisata yang sudah ada. Hanya saja, standar pelayanannya ditingkatkan agar mampu membuat nyaman wisatawan. Para pengelola juga harus memastikan aneka kuliner halal, tersedia tempat wudu dan salat yang nyaman, dan berbagai fasilitas lainnya,” ujar Ma’ruf.

Selain itu, Wakil Ketua Umum MUI Pusat, KH Muhyiddin Junaidi, juga mendorong Pemprov Babel untuk mengembangkan wisata halal di daerah mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *