Inilah Prediksi Nilai Industri Wisata Halal Dunia untuk Tahun 2024

ilustrasi (foto: minangkabaunews.com)

MTN, Jakarta – Kini kian banyak negara yang turut serta di industri wisata halal, karena menyadari nilainya yang besar. Seberapa besar?

Dilansir dari Detik, industri wisata halal dunia diprediksi bakal bernilai 274 miliar Dollar pada tahun 2024 nanti.

Menurut laporan Ekonomi Islam Global 2019-2020, pertumbuhan industri halal meningkat lima persen per tahun. Diperkirakan, warga muslim dunia telah mengkonsumsi US$2,2 triliun untuk gaya hidup halal dan akan mencapai nilai US$3,2 triliun pada tahun 2024.

Nominal industri halal itu tumbuh dari berbagai sektor. Yakni, makanan halal, fashion muslim, media dan rekreasi, pariwisata halal, farmasi halal, dan kosmetik halal.

“Pengeluaran muslim untuk makanan halal bernilai US$1,4 triliun pada 2018 dan diperkirakan mencapai US$2 triliun pada tahun 2024, sedangkan pengeluaran muslim untuk pariwisata halal bernilai US$189 miliar pada tahun 2018, dan diperkirakan bernilai US$274 miliar pada tahun 2024,” ujar Staf Ahli Bidang Diplomasi Ekonomi, Ina H. Krisnamurthi.

Secara umum, angka tersebut menunjukkan bahwa industri halal merupakan segmen yang berkembang dengan cepat. Permintaan konsumen yang semakin meningkat menjadikannya sebagai salah satu aspek penting dalam perkembangan ekonomi global, termasuk pariwisata halal.

“Indonesia sebagai negara dengan populasi muslim terbesar memiliki potensi yang besar pula untuk menjadi pemain global, sayangnya Indonesia harus masih memaksimalkan potensinya dan mewakili kurang lebih 10 persen dari pengeluaran global 2017, dengan 3,8 persen ekspor,” ujar Krisnamurthi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *