Wamen BUMN: “Solo Bisa Jadi Model Kota Wisata Halal Dunia”

Pahala Nugraha Mansury (foto: kawulaindonesia.com)

MTN, Jakarta – Wakil Menteri BUMN mengatakan kalau kota Solo bisa jadi model kota wisata halal dunia. Seperti apa?

Dilansir dari Tempo, Wakil Menteri BUMN, Pahala Nugraha Mansury, ingin Indonesia melalui sektor kuliner halalnya dapat menjadi Dapur Halal Global atau The World Halal Kitchens.

Pahala mengatakan bahwa Thailand sampai saat ini, bahkan mengklaim visi sebagai The World Halal Kitchens atau Dapur Halal Global, dengan proyek kawasan industri halal, misalnya yang dilakukan di Songkla dan kota-kota kawasan wisata utama lainnya seperti Phuket dan Chiang Mai.

“Indonesia tentunya jangan sampai kalah dengan apa yang sudah dilakukan oleh Thailand, karena Indonesia seperti kita ketahui merupakan negara dengan jumlah populasi Muslim yang terbesar di dunia, sehingga tentunya itu menjadi bisa jadi tantangan tersendiri bagi Indonesia, bagaimana kita nantinya bisa mencanangkan visi juga sebagai The World Halal Kitchens atau Dapur Halal Global,” ujar Pahala dalam seminar daring di Jakarta, pada akhir pekan lalu (11/2).

Menurut Wamen BUMN, hal tersebut bisa dimulai dengan membangun ekosistem kuliner halal yang berada di Kampung Batik Kauman Solo, Jawa Tengah.

“Tetapi tentunya hal ini diharapkan bisa dikembangkan di wilayah-wilayah lainnya sehingga nantinya kawasan industri halal yang berada di Surakarta tersebut secara keseluruhan bisa menjadi salah satu model untuk kota wisata halal di dunia,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *