Upaya Gaet Turis Muslim, Taiwan Mulai Lakukan Sertifikasi Wisata Halal

ilustrasi (foto: albiladdailyeng.com)

MTN, Jakarta – Sadar akan besarnya potensi ekonomi dari wisata halal saat ini, Taiwan pun kini miliki beberapa badan sertifikasi wisata halal.

Dilansir dari Detik, Taiwan kini memiliki sembilan badan sertifikasi halal yang sudah menerbitkan sertifikat ke 1088 buah perusahaan. Total jumlah produksinya sudah mencapai ratusan ribu.

“Di Taiwan ini sudah banyak orang asing yang masuk, buruh migran, ada juga tenaga profesional, kemudian pelajar karena beberapa tahun belakangan Taiwan meningkatkan jumlah beasiswa. Hal itu memungkinkan pertambahan jumlah muslim di Taiwan,” kata Auditor Sertifikasi Halal Bellcert Internasional Inspection and Certification Group Taiwan, Nurul Fadhilah.

“Banyaknya lembaga sertifikasi untuk mewadahi permintaan masyarakat muslim, khususnya di Taiwan untuk memastikan makanan yang mereka konsumsi itu halal dipastikan dengan adanya sertifikat tersebut,” kata Nurul.

Salah satu langkah yang diterapkan untuk mendukung wisata halal di Taiwan merupakan kulinernya. Untuk itu, dibutuhkan orang yang ahli untuk bisa memberikan informasi terhadap pemilik usaha tentang makanan yang halal dan haram.

“Untuk sertifikasi halal itu sendiri ada tambahan fatwa suatu keputusan dari ahli syariah yang menentukan produk layak atau tidak untuk diberikan sertifikasi,” Nurul menambahkan.

“Di sini kita bisa lihat jumlah terbanyak sertifikasi adalah barang mentah dan barang jadi, kemudian diikuti restoran, hotel dan sisanya hospital, travel agency dan tourism,” kata Nurul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *